fbpx
Kucing Mendekat

10 Jenis Kucing Peliharaan Favorit dan Bersahabat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Memelihara hewan adalah salah satu hobi tersendiri bagi setiap orang yang mencintai binatang. Pada dasarnya hewan peliharaan memang makhluk hidup yang sengaja dipelihara dan dirawat manusia.

Sebenarnya, banyak pilihan hewan peliharaan yang bisa kamu rawat, misalnya saja anjing, burung, ikan, kucing, kelinci, dan banyak lainnya. Namun kucing menjadi salah satu  binatang yang paling digemari. Karena  kucing tergolong hewan yang penyayang, lucu serta menggemaskan.

Bicara soal kucing peliharaan, tentu ada banyak macamnya. Kucing peliharaan sendiri dipilih karena mampu bersahabat dengan orang. Karena bentuk tubuhnya yang dipenuhi bulu indah dan lebat membuat anak-anak hingga orang dewasa menyayangi hewan, serta warnanya yang unik membuat siapapun ingin memeliharanya.

Hewan ini ternyata dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres si pemiliknya dengan tingkah menggemaskannya. Dengan memelihara hewan peliharaan, kamu juga bisa belajar tentang tanggung jawab. Misalnya harus rutin memberi makan dan memandikan hewan peliharaan. Nah bagi kamu yang ingin mempunyai hewan peliharaan kucing, ada rekomendasi yang bisa kamu pelihara

1. Kucing Persia

kucing persia

Salah satu jenis kucing peliharaan yang paling terkenal dan banyak dicari adalah kucing Persia. Kucing ini memiliki ciri khas rambut yang panjang, lebat, dan berwajah bulat, serta hidungnya yang pesek.

Kucing Persia juga termasuk dalam jajaran kucing termahal di dunia. Seperti namanya, kucing ini merupakan kucing yang pertama kali ditemukan di Persia atau Iran.

Untuk memelihara kucing ini pastinya kamu harus menyisihkan anggaran yang cukup untuk perawatannya. Kucing Persia termasuk peranakan yang membutuhkan perawatan rutin. Nggak heran kalau kucing ini kebanyakan berperilaku manja, penyayang, dan setia.

Kucing Persia memiliki beberapa jenis lagi lho, di antaranya, Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia medium. Untuk harga satu ekor kucing ini berkisar dari Rp 500 ribuan hingga Rp 2 jutaan.

2. Kucing Anggora

anggora
foto : merdeka.com

Banyak orang suka dengan jenis kucing Anggora karena bulunya yang putih seperti salju. Sama seperti namanya, asal kucing ini dari Ankara, Turki.

Kucing ras ini menjadi salah satu yang digemari untuk dipelihara, namun di Indonesia jarang sekali ada karena tidak diperbolehkan dan dibatasi oleh Turki.

Selain bulunya mampu menarik perhatian, hewan ini juga aktif dan lincah untuk dijadikan teman bermain di rumah. Ciri-cirinya pun berbeda dengan kucing Persia, bulu kucing Anggora di bagian kepala tidak terlalu panjang.

Kucing Anggora juga memiliki telinga yang lumayan lebar di bagian bawah serta besar mengerucut ke bagian ujung telinga seperti segitiga. Untuk harganya sendiri berkisar Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan

3. Kucing Siam (Siamese)

kucing siam

Kucing Siam atau Siamese ini berasal dari Thailand. Dulu kucing ini mulai dikenal saat kemunculan pertama kali di Eropa, yang pada saat itu diberikan pada Duta Besar Inggris di Thailand pada abad 18.

Kucing Siam memiliki tubuh yang ramping, ekor yang panjang, mata berwarna biru, bulunya pendek, dan memiliki titik gelap. Tak hanya itu, kucing Siam ini suara yang lembut, cerdas, dan lincah. Kucing ini juga sangat penyayang ketika kamu tanggap terhadap kebutuhannya.

Harga kucing peliharaan jenis Siam ini dapat menyentuh angka puluhan juta.

4. Kucing Ragdoll

ragdoll
foto : gerava.com

Kucing Ragdoll berasal dari Amerika Serikat. Dinamakan Ragdoll karena memiliki sifat yang jinak. Ketika kamu mengangkat jenis kucing peliharaan ini tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

Untuk penampakan fisiknya kucing Ragdoll hampir mirip dengan kucing Siam dan Persia. Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang.

Untuk memelihara kucing Ragdoll, kamu harus menyediakan tempat yang cukup luas karena kucing Ragdoll senang permain dan berpetualang. Kamu juga harus sering menyisir bulunya karena memiliki bulu lebat mirip dengan kelinci.

5. Kucing Maine Coon

maine coon
foto : pixabay

Selain terkenal, kucing Maine Coon juga menjadi salah satu ras kucing terbesar. Pembawaannya yang sangat ramah cocok menjadi hewan peliharaan di rumah. Kucing jenis ini bisa tinggal dengan jenis kucing lain, bahkan anjing sekalipun.

Kucing Maine Coon betina memiliki bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg. Namun ada juga yang melebihi bobot tersebut. Yang menjadi daya tarik kucing, yaitu ekornya panjang dan berbulu tebal.

Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian kamu dengan banyak “mengeong” untuk meresponsnya.

6. Kucing Sphynx

sphynx
foto : okdogi.com

Kucing Spinx memiliki penampilan fisik yang berbeda dari kucing pada umumnya. Kucing Sphynx merupakan kucing hasil persilangan genetik asal Kanada. Kucing ini cukup mencolok karena kucing berjenis keturunan tanpa bulu. Jika dilihat sepintas, maka tubuhnya tampak botak. Namun demikian memiliki bulu sangat pendek dan sangat sedikit sekali.

Kucing yang diadopsi dari nama patung di Mesir ini kulitnya terlihat keriput dan ekornya panjang yang meruncing di ujungnya. Sphynx termasuk kucing aktif, manis, dan pintar serta mudah diurus. Kucing ini juga mudah untuk dilatih. Nah, nggak heran kalau kucing ini termasuk barang mewah, harganya saja bisa mencapai Rp 15 juta per ekor.

7. Kucing Russian Blue

russian blue
russian blue

Kucing Biru Rusia atau Russian Blue merupakan kucing yang banyak digemari karena memiliki bulu pendek berwarna abu-abu kebiruan yang terlihat mengkilap.

Mata kucing jenis Russian Blue ini sangat cantik dan berwarna hijau cerah. Terkadang terdapat bercak putih di atas matanya. Meski memiliki sifat pemalu dan ramah, tapi juga cerdas, sensitif dan penuh rasa ingin tahu.

8. kucing Sabana/ Savana

savannah
savannah

Kucing Sabana atau Savana merupakan kucing hasil persilangan dari ras kucing Afrika dengn kucing Bengal, Siam, dan Mesir. Kucing asal Amerika ini merupakan kucing terpanjang dengan ukuran tubuh bisa mencapai 44 cm.

Memiliki bulu yang tebal, berbadan tinggi lentur dan ramping. Penampakan fisiknya menyerupai kucing liar yang buas, namun aslinya kucing ini cerdas, ramah, setia, dan mudah bersosialisasi. Harga kucing ras ini cukup mahal sekali, yakni dapat mencapai Rp 343 juta  dalam kualitas terbaiknya.

9. Kucing Manx

manx
manx

Kucing Manx juga dikenal dengan nama rumpy yang merupakan kucing dengan ekor sangat pendek bakhan tidak ada. Hal ini disebabkan karena kelainan genetik yang bersifat dominan sehingga perkembangbiakannya harus dilakukan hati-hati.

Menurut sejarah kucing ini berasal dari Britania Raya yang dikenal dengan Island of man. Kucing ini juga dikenal setia dan memiliki sifat cukup aktif serta senang bermain di lingkungan yang baru. Konon harga kucing ini bisa mencapai Rp 40 juta.

10. Kucing kampung atau domestik

kucing domestik
kucing domestik

Kucing ini begitu mudah dijumpai di Indonesia, biasanya ras ini hanyalah 1 persen dari seluruh kucing di dunia. Sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar dan kucing kampung.

Siapapun mungkin tahu kucing kampung karena sering terlihat di jalan kota, gang, hingga depan rumah. Kucing domestik memiliki dua jenis, yaitu berbulu pendek dan berbulu panjang.

Kucing domestik berbulu pendek merupakan kucing keturunan campuran. Kucing domestik berbulu pendek ini adalah kucing yng paling populer di Amerika Serikat, terhitung sekitar 90-95 persen dari jumlahnya.

Itulah beberapa jenis kucing yang bisa jadikan peliharaan dan teman bermain dirumah. Buat kalian yang belum bisa atau dirumahnya tidak diizinkan orangtua untuk memelihara binatang peliharaan, kalian bisa coba mampir ke neko-kepo cat & café.

Bagi kalian pencinta kucing, kalian bisa melihat banyak jenis kucing dan bermain dengan para kucing di neko-kepo cat & café sekaligus bisa menjadi tempat berkumpul dengan teman untuk mengobrol .karena bukan Cuma kucing, tapi di neko-kepo juga ada café untuk kita yang ingin kumpul Bersama teman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *