fbpx
Kucing kampung

Kucing Ras Indonesia, Dari yang Sangar Sampe yang Imut!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cat Lovers pasti udah sangat familiar sama yang namanya kucing ras. Seringkali orang-orang menyebutkan kucing asal negara lain sebagai kucing ras, dan kucing domestik sebagai kucing kampung. Padahal, Indonesia juga punya kucing domestik yang gak kalah lucu sama kucing ras lain! Yang ngebedain sebenernya hanya dari segi kebersihan kucing, sih. Kucing ras persia, himalaya, bengal, siam, dan lainnya adalah beberapa contoh kucing ras dari negara lain. Tapi Cat Lovers pernah gak, denger sama yang namanya kucing Busok atau kucing Raas? Kucing Busok ini adalah salah satu kucing kampung dari Indonesia yang gemesin banget! Pengen tahu jenis kucing lain apa lagi yang ada di Indonesia? Yuk kita bahas, dari yang besar sampe yang menggemaskan.

harimau sumatra
via merdeka.com

1. Harimau Sumatra

Kalo ini, Cat Lovers pasti udah sering denger nih! Yap, harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) adalah salah satu jenis harimau yang memiliki habitat asli di Pulau Sumatra. Harimau Sumatra ini adalah satu-satunya jenis harimau yang masih ada hingga saat ini di Indonesia. Karena maraknya perburuan dan penghancuran habitat harimau Sumatra, populasinya diperkirakan hanya sekitar 400-500 ekor saja di alam bebas. Sedih banget ya, Cat Lovers.

Sifat dari harimau Sumatra merupakan hewan buas yang tergolong ke dalam subspesies harimau paling kecil. Warna kulit tubuhnya lebih gelap daripada jenis harimau lainnya. Belang pada tubuhnya terlihat lebih tipis dengan pola hitam yang berukuran lebar berjarak rapat satu sama lain. Panjang tubuh harimau Sumatra jantan rata-rata 250 cm dengan bobot tubuh 140 kg. Sedangkan harimau Sumatra betina panjang tubuhnya hanya 198 cm dengan bobot 91 kg.

kucing congkok
via ecofriendlycoffee.org

2. Kucing Congkok atau Leopard Cat

Kucing Congkok (Prionailurus bengalensis) adalah spesies kucing liar yang tersebar dari Pakistan, China, hingga Indonesia. Sama seperti harimau Sumatra, kucing Congkok ini juga merupakan hewan yang dilindungi karena populasinya yang semakin langka. Secara fisik, kucing Congkok ini mirip dengan kucing domestik. Bulunya memiliki totol hitam di bagian punggung dan pinggul. Tekstur bulunya halus dan pendek, sedangkan ekornya kira-kira sepanjang setengah badannya. Pada bagian atas tubuhnya berwarna emas cerah hingga kecoklatan. Bagian bawah perut berwarna putih dengan totol-totol coklat tua. Hidung besar dan lebar, serta kulit hidung berwarna merah dengan garis luar hitam.

Kucing emas asia
via trubus.id

3. Kucing Emas Asia

Kucing emas Asia memiliki nama latin Pardofelis temminckii ini sering disebut sebagai harimau kijang oleh masyarakat di daerah Sumatra. Kucing ini juga sudah langka, maka sulit untuk ditemukan. Bentuk fisik kucing emas Asia ini mirip dengan anak harimau. Karena jika dibandingkan dengan jenis kucing kampung di Indonesia saja, kucing ini ukuran tubuhnya lebih besar dan memiliki suara yang juga berbeda dari kucing kampung. Selain itu kucing emas juga memiliki kemampuan untuk berburu.

Sesuai dengan namanya, tubuh kucing ini hampir seluruhnya ditutupi oleh bulu berwarna cokelat keemas-emasan. Tetapi terkadang kucing emas ini juga memiliki warna belang-belang dengan tidak menghilangkan warna dominan emasnya. Sedangkan untuk bagian perutnya tampak lebih cerah dibandingkan dengan warna pada bagian pinggulnya.

Kucing hutan

4. Kucing Hutan (Blacan)

Kucing hutan adalah satwa liar yang bisa ditemukan di Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Kucing ini tidak boleh sembarangan dipelihara masyarakat, karena dilindungi oleh pemerintah. Corak bulu kucing hutan ini berbeda dari jenis kucing pada umumnya. Motif pada bulunya mirip seperti mtofi bulu pada macan tutul. Gemess ya, Cat Lovers!

Kucing busok
via infopublik.id

5. Kucing Raas (Busok)

Kucing Raas ini memiliki bentuk wajah dan postur yang mirip dengan kucing hutan. Bulunya pendek dan halus, warnanya mirip sama kucing Russian Blue dan British Shorthair yaitu abu-abu kebiruan polos. Kucing Raas atau Busok ini disebut sebagai endemik Madura, khususnya Pulau Raas di Sumenep. Telinganya panjang dan runcing yang tampak berdiri tegak ke arah depan. Sedangkan ekornya panjang dengan ujung yang membengkok. Bentuk matanya oval dan tidak terlalu besar, dengan warna hijau tua, dan biasanya berwarna biru pada kucing berwarna cokelat.

Sayangnya kepercayaan masyarakat setempat akan mitos dan hal gaib membuat kucing ini sangat dilindungi oleh masyarakat setempat. Mereka sangat menjaga kemurnian kucing raas ini. Karenanya kucing ini dilarang keluar dari Pulau Raas. Menurut mereka kucing berbulu pendek dan lembut ini memiliki indra keenam, jadi tidak sembarangan orang yang bisa memeliharanya.

Kucing kampung

6. Kucing Kampung

Walaupun di Indonesia disebut sebagai kucing kampung, ternyata di luar sana kucing ini punya nama panggilannya sendiri. Di luar negeri, kucing kampung lebih dikenal dengan nama Moggy atau Domestic Shorthair. Jika dibandingkan dengan kucing ras lain seperti Persia ataupun Maine Coon, kucing kampung tidak memiliki karakteristik khas. Kucing domestik ini sendiri belum diketahui asal usulnya. Kemungkinan, hal ini karena kucing kampung sudah sering bercampur dengan kucing jenis lainnya. Jadi, bisa aja Moggy atau kucing kampungmu sudah punya genetik kucing ras seperti Persia atau bahkan Maine Coon! 

Nah, gimana Cat Lovers? Ternyata cukup banyak ya kucing ras asli Indonesia, dan beberapa sudah banyak dikenal juga. Sayangnya, kebanyakan dari kucing liar besar sudah langka dan semakin dilindungi. Maka dari itu, kita harus bisa selalu menjaga habitat mereka dan tidak memburu kucing-kucing liar besar seperti harimau Sumatra ataupun jenis lainnya. Bagi Cat Lovers yang sudah memelihara kucing, wajib banget untuk selalu dicek kesehatan ataupun kebersihannya biar kucingmu bisa selalu sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *