fbpx
Grooming

Manfaat Kucing Grooming Untuk Kebersihan dan Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kucing yang terlihat ganteng dan cantik serta menggemaskan pasti menjadi impian semua CatLovers!. Siapa yang tega melihat kucingnya terlihat seperti tidak terawat karena penampilannya yang berantakan. Tidak hanya terlihat rapi saja, kucing yang wangi juga menjadi daya tarik tersendiri untuk ingin bermain dengannya. Maka, grooming kucing sangatlah penting. Grooming adalah kegiatan memandikan si kucing agar terlihat bersih, wangi, dan sehat. Grooming juga dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh kucing loh!. Kucing secara alamiah dapat membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati bulunya, namuan hal tersebut tentu saja tidak membuat kucing kamu menjadi tiba-tiba wangi. Belum tentu juga apakah kotoran yang menempel di tubuh kucing dapat terangkat semua. Sehingga, sangat penting untuk membantu kucing grooming agar kebersihan dan kesehatannya terjaga dengan sempurna.

Buat kamu CatLovers yang masih takut untuk memandikan atau grooming kucing, artikel ini akan membantumu dalam melakukan grooming. Simak juga manfaat dari kucing grooming di bawah ini!

Kapan Kucing Siap Grooming

Ketika kucing baru saja lahir, jangan pernah langsung memandikannya ya CatLovers! Hal tersebut sangatlah berbahaya bagi tubuh si bayi kucing. Walaupun bayi kucing terlihat kotor dan bau, kamu bisa membiarkannya dahulu hingga bayi kucing sudah cukup umur untuk dimandikan. Saat bayi, kucing akan dimandikan secara alami oleh induk kucing. Induk kucing akan menjilati anaknya untuk membersihkan kotoran yang ada di tubuh bayi kucing.

Menurut Animal Network Compassion, sebaiknya anak kucing dimandikan saat usia telah memasuki minggu ke delapan atau sudah genap dua bulan. Ketika anak kucing sudah memasuki usia dua bulan kekebalan anak kucing sudah kuat dan dapat dimandikan dengan menggunakan air hangat atau dingin (air hangat lebih dianjurkan).

Manfaat Grooming

  1. Mencegah Kutu

Kucing sangat rentan untuk terkena dan tertular kutu. Dengan melakukan grooming maka CatLovers bisa mencegah adanya kutu kucing. Walaupun kucing kamu sering menjilati bulunya, hal tersebut terkadang tidak cukup untuk membasmi parasit satu ini. Maka dari itu, CatLovers dapat membantu menemukan dan membunuh kutu-kutu yang ada di bulu kucing. Sabun yang digunakan juga dapat mengandung anti kutu sehingga kutu akan lebih mudah hilang.

  1. Kucing Menjadi Lebih Nyaman

Melakukan grooming juga bisa menghilangkan rasa tidak nyaman yang dialami kucing. Menyikat tubuh kucing bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi kebanyakan kucing. Dengan cara menyikat yang benar dan tepat, kucing akan merasa seperti mendapat pijatan. Menghilangkan bulu-bulu yang sudah mati, akan merangsang pertumbuhan bulu baru dan produksi minyak untuk menjaga rambut dan kulit hewan peliharaan Anda tetap lembab dan sehat.

  1. Melindungi Kaki

Ketika dilakukan grooming, maka kuku juga akan dipotong. Kuku yang panjang akan membuat kucing tidak sehat dan tidak nyaman. Kuku yang terlalu besar dan panjang dapat menyebabkan rasa sakit. Maka, ketika grooming kuku kaki juga akan dipotong selain untuk kesehatannya juga untuk melindungi groomer dari cakaran.

  1. Mencegah Infeksi Telinga

Selain memotong kuku, pastikan ketika grooming telinga kucing juga ikut dibersihkan. Ketika telinga kucing sudah memiliki banyak kotoran dan tidak dibersihkan, maka akan terjadi infeksi telinga. Kucing bulu panjang biasanya lebih sering kotor dari pada kucing lainnya.

  1. Mengetahui Kelainan Pada Tubuh Kucing

Salah satu manfaat besar yang dapat diketahui saat grooming adalah akan terlihat jika ada tanda aneh di tubuhnya. CatLovers dapat mengetahui apakah ada benjolan atau tanda lainnya. Maka grooming rutin akan membantu meningkatkan peluang dalam menemukan sesuatu pada tubuh kucing yang abnormal sejak dini.

  1. Mengurangi Hair Balls

Grooming dapat mengurangi jumlah bulu yang tertelan oleh kucing saat mereka mebersihkan tubuhnya sendiri. Ketika bulu yang terlalu banyak tertelan oleh kucing, maka bulu akan dikeluarkan kucing berupa bentuk bola rambut (hair balls). Jika terus menerus kucing menelan bulunya maka dapat bersarang dalam usus dan dapat menyebabkan masalah serius pada kucing.

 

Cara Grooming Sendiri

Buat kamu yang memiliki kucing, kamu bisa loh melakukan grooming sendiri di rumah. Beberapa ini alat yang dibutuhkan untuk grooming:

  • Shampoo khusus kucing
  • Pemotong kuku
  • Pembersih telinga
  • Hair Dryer atau Blower
  1. Memberikan pijatan pada tubuh kucing. Pemberian pijatan bertujuan agar kucing terbiasa dengan sentuhan tangan. Pijatan juga membuat kucing menjadi nyaman dan tidak stress. Saat sedang memijat, perhatikan juga tubuh kucing apakah terdapat luka basah, memar, maupun benjolan. Lakukan pijatan pada seluruh tubuh kucing selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  2. Memotong kuku. Sebelum dimandikan, pastikan kuku kucing dipotong. Pemotongan kuku kucing hanya pada bagian cakar saja, jangan potong hingga habis. Pastikan memotong kuku kucing tidak sampai bagian pink kuku. Hal tersebut bertujuan agar kita terhindar dari cakaran kucing saat memandikannya nanti.
  3. Sisir bulu kucing. Jika kucing kamu adalah kucing ras bulu panjang, menyisir bulu kucing sangatlah penting. Melakukan penyisiran, dapat membuat bulu kucing tidak rontok saat dimandikan. Bulu kucing juga tidak akan semakin menggumpal ketika basah. Gunakan sisir khusus untuk kucing, dengan begitu kucing akan merasa lebih nyaman.
  4. Bersihkan telinga kucing. Membersihkan telinga kucing dari noda kecoklatan atau hitam yang biasanya menempel pada dinding telinga juga penting dilakukan. Kamu bisa menggunakan cotton bud atay kapas yang telah ditetesi baby oil. Terdapat juga obat tetes telinga khusus kucing yang bisa membuat kotoran dalam telinga terangkat keluar.
  5. Setelah semua hal di atas dilakukan, kamu sudah bisa mulai memandikannya. Mandikan kucing dengan menggunakan air hangat. Ingat jangan memandikan kucing saat malam hari. Karena kucing bisa saja kedingingan. Mulailah dengan mengguyur air pada seluruh tubuh kucing secara perlahan, setelah itu bisa tambahkan shampoo dan membilasnya.
  6. Keringkan tubuh kucing.Mengeringkan tubuh kucing bisa menggunakan  Setelah dilap dengan handuk hingga setengah basah, keringkan lagi dengan menggunakan hair dryer atau blower, bisa juga dengan menjemurnya di bawah terik matahari. Pastikan kucing kamu kering dengan sempurna, karena akan tumbuh jamur jika masih lembab atau basah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *