fbpx
Ilustrasi Kucing Lucu

Manfaat Memelihara Kucing yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah kamu bahwa selain menggemaskan, manfaat memelihara kucing juga banyak sekali?

Kucing adalah salah satu hewan peliharan yang paling populer di dunia selain anjing. Tingkah polahnya yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang memutuskan memelihara kucing.

Bahkan, menurut penelitian dari Insurance Information Institute, jumlah kucing peliharaan di Amerika mencapai 94,2 juta, melampaui jumlah angka anjing peliharaan sebesar 89,7 juta. Meskipun total kepemilikan kucing di seluruh dunia masih di bawah anjing, banyak yang masih belum banyak tahu mengenai manfaat memelihara kucing.

Baru-baru ini, studi ilmiah  menemukan beragam manfaat memelihara kucing, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Dikutip dari Metro, Minggu (8/11/2020), berikut 7 manfaat memelihara kucing berdasarkan studi-studi ilmiah.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kucing Peliharaan
Foto: Shutterstock

Sama seperti memelihara anjing, memelihara kucing juga mampu menurunkan tingkat stres. Riset menemukan pula bahwa memelihara kucing memberikan dampak pada risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Studi tersebut menemukan adanya penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke pada orang-orang yang memelihara kucing.

2. Membantu anak penderita autisme

anak sayang kucing
Foto: Cat Friendly Homes

Para peneliti dari University of Missouri, Amerika Serikat menemukan bahwa interaksi sosial anak penderita autisme membaik secara dramatis ketika dikelilingi hewan peliharaan.

Dalam studi itu, hampir separuh dari total keluarga yang diteliti memiliki kucing peliharaan. Para orang tua dalam keluarga-keluarga tersebut pun melaporkan ikatan kuat yang terbentuk antara mereka dan anak-anak.

3. Dengkuran kucing membantu menyembuhkan nyeri tulang, sendi, dan otot

Kucing secara teratur mengeluarkan suara seperti mendengkur atau purring. Salah satu pertanda bila kucing purring adalah ia sedang bahagia.

Namun demikian, suara dengkuran kucing juga memiliki kemampuan penyembuhan bagi nyeri tulang dan otot manusia. Ini terkait dengan frekuensi getaran dengkuran kucing yang berada pada kisaran 20-140 Hz.

Sebuah studi pun menunjukkan bahwa frekuensi getaran antara 18-35 Hz memiliki efek positif pada persendian setelah cedera.

“Kaitan antara frekuensi dengkuran kucing dan penyembuhan (nyeri) otot dan tulang dapat membantu bagi sejumlah orang,” terang Leslie A Lyons, asisten profesor di School of Veterinary Medicine, University of California.

4. Memikat lawan jenis

Riset yang dipimpin oleh peneliti hewan peliharaan June Nichols menemukan bahwa perempuan cenderung lebih tertarik pada pria yang memiliki hewan peliharaan.

Sebanyak 90 persen perempuan lajang yang disurvei juga memandang pria yang memelihara kucing cenderung lebih baik dan penyayang.

5. Menghindarkan anak-anak dari infeksi, gangguan pernapasan, dan alergi

Memelihara kucing ternyata mampu menghindarkan anak-anak dari risiko sejumlah penyakit, seperti infeksi, alergi, dan gangguan pernapasan.

Penelitian yang dilakukan terhadap anjing dan kucing menemukan bahwa anak yang memiliki kontak dengan kedua hewan peliharaan tersebut pada tahun pertama kehidupan memiliki sistem daya tahun tubuh yang lebih baik, khususnya terhadap gangguan pernapasan.

Studi juga menemukan, anak-anak yang terpapar alergen kucing memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Anak-anak di perkotaan yang paling terpapar alergen dan bakteri mengembangkan pertahanan yang lebih baik terhadap alergi.

Mereka yang terpapar kucing di tahun pertama lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi.

6. Memberi dampak positif pada kesehatan mental

Dalam survei yang dilakukan Cats Protection terhadap 600 responden yang separuhnya memiliki masalah kesehatan mental, sebanyak 87 persen responden yang memelihara kucing merasakan efek positif pada kehidupan mereka.

Sebanyak 76 persen responden juga menyatakan bahwa, mereka mengatadi stres dengan lebih mudah berkat kucing.

7. Menonton video kucing juga bermanfaat

Studi yang dilakukan para peneliti di Indiana University Bloomington terhadap 7.000 orang menemukan bahwa menonton video kucing meningkatkan emosi dan energi positif, serta menurunkan perasaan negatif.

“Beberapa orang mungkin berpikir menonton video kucing secara online bukan topik serius untuk riset akademik, tetapi faktanya itu adalah penggunaan internet paling populer saat ini,” terang Jessica Myrick, asisten profesor di Indiana University Bloomington.

pexels-robert-nagy
Foto: Pexels/Robert Nagy

Setelah kamu mengetahui manfaat-manfaat memelihara kucing di atas pasti kamu tertarik untuk memeliharanya juga kan?

Cat Lovers, ternyata ada lho istilah yang ditujukan untuk seseorang yang sangat menyayangi kucing peliharaannya, yaitu Ailurophile. Ada beberapa orang yang dapat mewakilkan istilah tersebut.

Dilansir dari Your Tango and Bustle, berikut beberapa Zodiak yang bisa menggambarkan istilah tersebut.

1. Taurus

Zodiak dengan simbol banteng ini bisa dibilang mempunyai sifat keras kepala dalam kesehariannya. Nampaknya mereka sangat cocok untuk memelihara kucing karena seperti kita tahu jika kucing tipe hewan yang tidak suka diganggu dan sedikit keras kepala.

Ketika keduanya disatukan, nampaknya keduanya akan mudah dekat satu sama lain. Hal ini sebagai alasan mengapa taurus menjadi salah satu zodiak yang sangat perhatian dengan kucing peliharaan mereka.

2. Capricorn

Capricorn menjadi zodiak berikutnya yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Jika ia sudah menjatuhkan pilihan, capricorn tak sungkan untuk menyayangi sepenuh hati kucing peliharaannya tersebut.

Dari mulai memperhatikan makanan, kesehatan, hingga penampilan sering kali dengan serius capricorn lakukan. Kita akan menemukan kucing peliharaan capricorn yang terawat dengan baik.

3. Virgo

Sosok yang sederhana dan pintar ini nampaknya mempunyai alasan tersendiri mengapa dirinya sangat mencintai sekali kucing peliharaan mereka. Dengan perawatan yang cukup simpel dan tidak ribet, kucing menjadi pilihan terbaik sebagai peliharaan dan teman di rumahnya.

Mungkin kamu mudah sekali untuk menemukan virgo asyik bercengkrama dengan kucing peliharaannya, atau bisa saja kamu temukan mereka sedang berjalan-jalan menikmati suasana depan rumah. Hal tersebut menjadi salah satu perhatian yang virgo yang kerap ia lakukan untuk kucing peliharaan mereka.

4. Scorpio

Jika ditanya salah satu hewan peliharaan yang paling setia dengan orang yang merawatnya, kucing menjadi salah satu di antara hewan tersebut. Hal ini bisa saja menjadi salah satu alasan mengapa scorpio memilih kucing sebagai hewan peliharaan yang sangat merek sayangi.

Perhatian scorpio terhadap kucing peliharaannya juga sama besarnya dengan beberapa zodiak di atas. Tak hanya di saat senang, bahkan di saat susah sekalipun scorpio selalu memperhatikan kucing peliharaannya. Hal yang sama juga kerap ditunjukan oleh kucing peliharaan mereka lho.

5. Aquarius

Walau pada dasarnya aquarius tipe zodiak yang suka bergaul, nampaknya hal tersebut bukan menjadi alasan untuk dirinya tertutup soal pribadinya. Ia mudah untuk cerita, tapi mungkin lebih kepada kucing peliharaan mereka.

Kebiasaan darinya yang unik dengan kucing peliharaan mereka, menjadikan aquarius masuk ke dalam salah satu zodiak yang selalu perhatian dengan kucing peliharan mereka.

Di saat ada beberapa orang yang justru tidak menyukai kucing bahkan ada yang takut dengannya, zodiak di atas mempunyai kebiasaan yang luar biasa karena mampu memberi perhatian dan kasih sayangnya pada kucing mereka. Jika zodiak kamu bukan menjadi salah satunya, kamu pasti punya alasan tersendiri bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *