fbpx
Rahasia Kucing

Rahasia Kehidupan Kucing yang Belum Pernah Kamu Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cat Lovers pernah bertanya-tanya dengan perilaku kucing yang penuh misteri gak sih? Ya, siapapun yang pernah menghabiskan waktu dengan kucing pasti pernah merasa penasaran dan ingin tahu rahasia kehidupan kucing.

Dibanding dengan binatang peliharaan berbulu lainnya, kucing memang termasuk binatang yang misterius dan penuh rahasia. Segala hal tentangnya pasti membuat para Cat Lovers penasaran.

Oleh karena itu, John Bradshaw, penulis buku Cat Sense (Basic Books, 2013) akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar rahasia kucing untuk memuaskan segala rasa penasaran tersebut. Selain berprofesi sebagai penulis, John Bradshaw adalah seorang pengajar di Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan di Universitas Bristol, Inggris, dimana ia mempelajari perilaku kucing dan anjing serta interaksi mereka dengan manusia.

Dilansir dari Scientific American, berikut hasil wawancara mereka dengan Bradshaw:

Apakah kucing tidak lebih jinak dari anjing? Apakah kucing akan menjadi lebih jinak seiring berjalannya waktu?

Kucing jauh lebih mirip dengan nenek moyang mereka yang masih liar dibandingkan dengan anjing dan serigala. Anjing termasuk binatang yang paling jinak di antara ketiga binatang tersebut. Saat kucing mulai beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan manusia, kucing menjadi lebih mudah bergaul satu sama lain dan lebih menerima manusia, namun tidak ada bukti bahwa mereka telah berubah lebih dari itu dalam beberapa ribu tahun terakhir.

Akankah kucing, yang membutuhkan daging, akhirnya berevolusi untuk memakan makanan yang lebih beragam seperti yang dilakukan anjing?

Kucing dan anjing termasuk dalam kelompok mamalia yang dikenal sebagai karnivora dan makanan utama nenek moyang liar dari kedua spesies tersebut adalah daging. Analisis DNA terbaru menunjukkan bahwa selama evolusi mereka, anjing telah memperoleh lebih banyak salinan dari gen amilase, yaitu gen yang membuat enzim untuk membantu memecah pati dalam makanan. Dengan memiliki lebih banyak salinan gen ini memungkinkan anjing untuk memakan makanan yang lebih omnivora.

Sebaliknya, keluarga kucing, yang dikenal sebagai Felidae, kehilangan gen yang menghasilkan beberapa enzim utama — diantaranya adalah yang memproduksi vitamin A, prostaglandin, dan asam amino taurin — di awal evolusinya. Sementara anjing (dan manusia) dapat mensintesis zat ini dari prekursor nabati, kucing harus mendapatkannya dari daging. Untuk memperluas pola makannya, kucing harus mengembangkan sifat fisiologis mereka yang memungkinkan untuk mensintesis nutrisi tersebut dan nutrisi penting lainnya dari makanan nabati. Kenyataannya, hal ini belum muncul selama 10 juta tahun evolusi kucing, jadi sepertinya tidak mungkin muncul secara spontan pada kucing domestik kita.

Mengapa kucing mendengkur?

Kucing mendengkur karena mereka ingin mengatakan sesuatu, yang apabila diterjemahkan secara kasar berarti “tolong diam dan perhatikan aku”. Anak kucing mendengkur untuk membujuk ibunya agar terus menyusui mereka sedangkan kucing peliharaan mendengkur saat ingin dibelai. Getaran yang berasal dari dengkuran kucing memiliki efek menenangkan bagi orang-orang. Namun, kucing yang sakit juga akan mendengkur sebagai teriakan minta tolong. Jadi mendengkur tidak selalu berarti “Aku bahagia”. Beberapa peneliti telah mengklaim bahwa getaran dari dengkur kucing dapat membantu menyembuhkan kerusakan tulang pada kucing yang terluka.

Bagaimana kucing bisa mendengkur?

Mendengkur adalah vokalisasi yang tidak biasa, dibuat dengan menggetarkan pita suara bersamaan bukan dengan cara mendorong udara melewati pita suara, sama seperti cara manusia menghasilkan semua suara vokal lainnya. Itulah sebabnya kucing bisa mendengkur saat menarik dan menghembuskan napas. Sebagian besar spesies kucing liar dapat mendengkur, termasuk cheetah. Terkecuali kucing-kucing besar, seperti singa, harimau, jaguar, dan macan tutul, dimana kotak suara mereka dimodifikasi agar bisa mengaum.

Mengapa kucing rumahan memiliki begitu banyak vokalisasi (suara mengeong) dibandingkan dengan kucing liar?

Kucing rumahan jauh lebih berisik daripada kucing liar, meskipun mereka memiliki vokalisasi yang lebih sedikit dibandingkan beberapa spesies lainnya. Kucing hutan dari Asia misalnya tidak memiliki beberapa vokalisasi kucing rumahan, seperti “ow” dan “gurgle”.

Suara khas kucing rumahan, yakni “meong” hampir tidak pernah terdengar di koloni kucing liar, kecuali kadang-kadang saat induk kucing berkomunikasi dengan anak kucingnya. Kucing liar dengan rajin memantau datang dan perginya kucing liar lain, jadi mereka tidak perlu mengumumkan kehadirannya secara vokal.

Kucing yang hidup dengan manusia, bagaimanapun, belajar bahwa mengeong adalah cara yang baik untuk menarik perhatian kita. Beberapa hewan peliharaan mengembangkan “bahasa pribadi” yang hanya dipahami oleh pemiliknya. Masing-masing menandakan sesuatu yang berbeda tergantung yang dibutuhkan si kucing. Selain itu, ras tertentu terkenal juga cerewet, khususnya Siam.

Apakah kucing menganggap pemiliknya sebagai orang tua? Saudara kandung? Atau teman?

Dengan menggosok-gosokkan badannya ke kaki kita saat menyapa, kucing menunjukkan bahwa mereka menganggap kita ramah tetapi pada saat yang sama juga sedikit lebih superior dari mereka. Saat hidup dalam sebuah keluarga kucing, anak kucing menggosok induknya, betina menggosok jantan dan kucing kecil menggosok kucing yang lebih besar. Hal yang sebaliknya jarang terjadi. Ini adalah indikator dalam sebuah hubungan kucing, bahwa yang besar lebih unggul daripada yang kecil.

Bagaimana cara mendapatkan cinta dari kucing?

Kucing secara alami merasakan kasih sayang kepada orang-orang yang memberi makan, merawat, dan bermain dengan mereka. Meskipun mereka tidak selalu membuatnya terlihat jelas. Kepercayaan mungkin memang lebih sulit untuk didapatkan karena beberapa kenyataannya kucing pun merasa gugup. Salah satu triknya adalah selalu membiarkan kucing mendekati kamu terlebih dahulu daripada memaksakan diri mendekat pada kucing tiap saat. Saat kucing mendekat, beri dia camilan dan biarkan dia pergi begitu dia selesai. Lama-kelamaan kucing akan mulai mendekati kamu sedikit lebih cepat, dan bertahan di dekatmu lebih lama karena ia merasa nyaman.

Mengapa kucing terkadang tiba-tiba menggigit atau mencakar orang yang membelai mereka?

Bisa jadi kamu melewatkan tanda peringatan dari kucing peliharaanmu bahwa ia sudah lelah. Beberapa kucing, meskipun senang dibelai, juga cepat lelah. Telinga yang rata dan ekor yang sedikit bergerak-gerak dapat menandakan bahwa mereka sudah merasa cukup. Jika kamu memiliki kucing seperti itu, cobalah berhenti mengelusnya sering-sering dan biarkan dia menjauh jika dia mau.

Bisakah kucing cemburu?

Penelitian telah menunjukkan bahwa anjing bisa cemburu, jadi kucing juga memiliki kemungkinan yang sama. Bagi kedua spesies, kecemburuan adalah pengalaman emosi sesaat ketika mereka melihat bahwa ada binatang atau individu lain yang mendapatkan perhatian yang mereka inginkan. Kucing dan anjing tidak akan ingat pernah merasa cemburu setelah momen tersebut berlalu. Seperti anjing, kucing memiliki konsep waktu yang terbatas. Mereka dapat belajar membedakan interval waktu yang berbeda, tetapi hanya jika interval ini dibatasi sampai beberapa detik. Mereka tidak memiliki kapasitas untuk berpikir jauh ke masa yang sudah lewat.

Apakah kucing dapat mengingat orang yang berbeda atau hanya orang yang mereka lihat setiap hari?

Para ilmuwan belum mempelajari sifat khusus ini secara langsung, tetapi kucing tampaknya melupakan kucing lain begitu mereka terpisah untuk waktu yang lama, jadi hal yang sama mungkin berlaku untuk manusia juga. Sedangkan anjing, yang menganggap manusia jauh lebih penting, dapat mengingat orang melalui aromanya selama berbulan-bulan, bahkan mungkin bertahun-tahun.

Apakah warna dan pola bulu sesuai dengan ciri kepribadian tertentu pada kucing?

Pemilik kucing umumnya percaya bahwa warna bulu dapat memprediksi kepribadian hewan peliharaan mereka, tetapi tidak ada bukti bahwa hal ini benar secara universal. Biasanya, kucing jantan yang sangat sukses dapat menghasilkan banyak anak kucing yang mirip dengannya dan berperilaku sama seperti dirinya karena gen mereka yang sama. Hal ini kemudian yang mungkin menjelaskan bagaimana orang mengasosiasikan warna bulu dengan kepribadian. Di antara silsilah kucing, jenis ras utama memiliki kepribadian yang khas. Contohnya ras oriental cenderung sangat aktif, sedangkan yang eksotik lebih santai. Kucing yang merupakan campuran dari kucing peliharaan dan kucing liar menunjukkan ciri kepribadian khusus yang lebih kuat. Misalnya, kucing Bengal, yang merupakan persilangan antara kucing domestik dan macan tutul Asia, cenderung sangat suka berpetualang dan tidur hanya sekitar separuh waktu yang biasa dilakukan kucing rumahan.

Mengapa kucing membawa hasil buruannya kepada manusia?

Sangat menarik untuk melihat perilaku unik ini sebagai hadiah dari teman berbulu kita, tetapi sebenarnya tidak dimaksudkan seperti itu. Kucing membawa hasil buruannya ke suatu tempat yang aman sebelum mereka memakannya. Jika lokasi ini kebetulan berada di dalam atau di dekat dapur, mereka secara otomatis diingatkan bahwa makanan kucing yang kamu berikan jauh lebih enak daripada tikus atau hasil buruannya yang lain. Oleh karenanya, kucingmu meninggalkan tangkapan mereka saat itu juga.

Mengapa mereka menjatuhkan benda dari meja dan rak?

Beberapa kucing memang lebih ceroboh dari yang lain dan benda-benda kesayangan kamu tersebut tidak ada artinya bagi mereka. Tapi ada juga kucing yang dengan sengaja menjatuhkan barang-barang hanya untuk mendapatkan perhatian pemiliknya. Kadang-kadang mereka tampak melakukannya untuk hiburan mereka sendiri atau karena mereka merasa bahwa hal tersebut adalah permainan yang disukai pemiliknya.

Apakah kucing yang tinggal dalam ruangan menderita karena tidak bisa keluar?

Jika seekor kucing telah tinggal di dalam rumah sepanjang hidupnya, ia mungkin tidak akan merindukan apa yang tidak pernah ia alami. Namun, kucing yang biasa hidup di luar ruangan yang tiba-tiba dikurung akan menjadi stres. Semua kucing dalam ruangan harus diberi banyak stimulasi, seperti permainan berburu menggunakan mainan buruan adalah hal yang ideal untuk dilakukan.

Mengapa kucing suka masuk ke dalam kotak, bahkan yang terlihat terlalu kecil untuk tubuhnya?

Kucing suka merasa terlindungi dengan baik, terutama saat mereka berniat untuk tidur, dan boks karton menjadi tempat yang ideal untuk tidur siang yang aman. Namun, mengapa beberapa kucing tampaknya lebih memilih kotak yang terlalu kecil daripada kotak dengan ukuran yang sesuai masih menjadi misteri.

Mengapa terkadang kucing tiba-tiba berlarian kesana-kemari tanpa alasan yang jelas?

Kucing bisa menjadi sangat frustrasi jika bosan atau stres. Bisa jadi karena mereka baru saja melihat kucing saingan melalui jendela. Dalam keadaan seperti itu, gerakan sekecil apa pun, mungkin hanya setitik debu yang terperangkap dalam seberkas cahaya, dapat memicu mereka. Pada kondisi seperti ini, mengajak kucing kalian bermain dapat membantu menghilangkan semua energi itu dan menghilangkan stres.

Nah, itu tadi penjelasan dari John Bradshaw terkait rahasia kucing yang banyak dari para Cat Lovers ingin ketahui. Semoga rasa penasaran terhadap perilaku unik kucing kesayangan sudah terjawab ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *