fbpx
Kucing Birahi

Tanda-Tanda Kucing Kalian Sedang Birahi dan Siap Kawin

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Proses perkawinan pada kucing adalah hal yang alami. Biasanya, kucing akan memilih pasangannya sendiri. Namun beberapa jenis kucing peliharaan, seperti kucing anggora ataupun kucing persia akan dijodohkan oleh pemiliknya.  Pemilik kucing yang menjodohkan peliharaannya itu biasanya menginginkan anakan yang mirip dengan induknya. Kapan ya kira-kira kucing mulai birahi? Kucing mulai birahi pada usia 6-8 bulan, dimana mereka sudah mulai bisa mencium aroma lawan jenisnya. Biasanya kita dapat mengawinkan kucing bila betinanya dalam keadaan birahi. Sementara untuk kucing jantan tidak ada masa birahi, karena kucing jantan biasanya selalu siap kawin. Biar Cat Lovers pada tahu tanda-tanda kucing birahi dan siap kawin, simak beberapa tips berikut ini!

Kucing manja
via thesprucepets.com

Kucing adalah salah satu hewan yang paling sering dipelihara oleh manusia. Kebanyakan orang merasa kucing itu gemesin, bahkan beberapa orang memelihara kucing karena beberapa manfaat yang diharapkan dari memelihara kucing. Tapi, yang jadi masalah adalah kalau kucing sudah mulai birahi! Di bawah ini adalah ciri-ciri kucing birahi dan siap kawin.

Ciri-Ciri Kucing Jantan Birahi

Kucing marah
via cattime.com
  1. Mengeong terus menerus dengan nada yang berat, terutama pada malam hari. Suara mengeongnya kalo terdengar oleh betina birahi berat, si betina langsung gelisah dan menggeliat di lantai atau tanah.
  2. Suka mendekati kucing betina, dan apabila sudah suka, tidak mau jauh dari sibetina.
  3. Menjadi lebih agresif terhadap betina.
  4. Sering ingin kabur dari rumah atau kandang, jika tidak kunjung ketemu lawan jenis. Hati-hati ya Cat Lovers, bisa-bisa kucing kesayangan kita gak pulang karena mengikuti betina atau malah dicuri orang.
  5. Spraying, istilah mudahnya, kencing sembarangan untuk memanggil betina, dan bau pesing.

Ciri-Ciri Kucing Betina Birahi

Kucing betina birahi
via vivipet.com

Selama masa musim kawin, ada beberapa tahapan yang dilalui oleh kucing betina, yaitu:

  1. Proestrus

Pada masa ini, kucing betina belum tertarik pada kucing jantan. Namun, pada kucing betina sudah tampak adanya pembengkakan vulva dan terasa kencang disertai pendarahan. Kucing betina akan berguling-guling dan menggosok-gosokkan badannya di lantai atau tanah. Kemudian, betina akan memanggil kucing jantan, tetapi betina masih belum mau untuk dikawini. Tahap ini berlangsung selama 4 – 14 hari.

  1. Estrus

Masa ini dapat berlangsung sekitar 4 – 21 hari. Pada masa inilah kucing betina benar -benar ingin untuk dikawini. Pejantan akan mengawini betina dengan lama sekitar 5 – 10 menit. Setelah kawin, betina akan menjilati kelaminnya untuk membersihkan diri. Pada masa ini pula kucing betina akan menjadi semakin sensitif dan agresif terhadap pejantannya. Vulva betina tampak bengkak dan kendur serta mukosa berwarna merah.

  1. Metestrus

Masa ini berlangsung hingga 60 hari. Tampak vulva mengeriput dan tidak ada discharge. Pada masa ini, kucing betina sudah tidak mau lagi ditunggangi oleh kucing jantan.

  1. Anestrus

Masa ini dapat berlangsung hingga 100 hari. Pada masa ini, ovarium menjadi inaktif dan tidak tampak adanya discharge pada vulva.

 

Jadi gitu, Cat Lovers, pada kucing betina ada 4 tahapan yang menandakan kucing betina itu sudah siap kawin. Sebelum dikawinkan, pastikan kucing peliharaan Cat Lovers itu sehat ya! Selanjutnya, kita akan membahas ciri-ciri kucing betina jika sudah siap kawin. Yuk!

Kucing betina
via be.chewy.com

Pada kenyatannya ciri kucing jantan dan betina mau kawin ini mempunyai beberapa keadaan yang berbeda, di bawah ini adalah ciri umum kucing betina yang sedang birahi :

Kucing betina yang sedang birahi biasanya akan memberi tahu sang majikannya.

Di mana kucing akan selalu mendekati dan minta dielus-elus secara terus menerus. Tanda ini merupakan hal yang paling umum yang terjadi jika kucing memang sedang merasakan birahi yang dashyat.

Gelisah

Jangan kira hanya manusia saja yang dapat gelisah, kucing yang sedang birahi tinggi pun akan merasakan gelisah. Jika kucing memang terbiasa hidup di luar rumah, mungkin kucing Anda akan mencari pasangan sendiri dengan tidak pulang ke rumah.

Akan tetapi jika kucing Anda merupakan kucing rumahan yang sentantiasa Anda kandang pada waktu-waktu tertentu, kucing akan menunjukan rasa gelisahnya dengan selalu mondar-mandir di dalam kandang dan selalu minta keluar.

Sering Mengeong

Hal ini terjadi pada kucing jantan maupun betina, di mana kucing akan selalu mengeong dan suaranya akan terdengar sangat nyaring. Terkadang ini sangat mengganggu terlebih jika mereka melakukan ini saat kita sedang ingin istirahat pada malam hari. Kucing biasanya akan melakukan ini saat birahi dan berkumpul dengan kucing lainnya, sehingga akan sangat mengganggu.

Pipis Sembarangan

Pada kucing betina yang sedang birahi, kucing akan sering pipis sembarangan. Hal ini sendiri bertujuan untuk mengundang kucing jantan agar datang. Kucing jantan akan mengikuti bau dari pipis yang dikeluarkan oleh kucing betina, dikarenakan pipis kucing betina ini akan sangat mereka sukai walaupun untuk manusia baunya sama sekali tidak sedap.

Cepat Marah

Ciri selanjutnya dari kucing betina yang sedang birahi adalah kucing menjadi cepat marah dan tidak senang untuk didekati. Selain itu suara kucing akan terdengar meraung dan juga terdengar seperti memanggil kucing lain agar datang.

Kucing betina yang menunjukan ciri ini sendiri juga terkadang akan sangat galak  jika didekati oleh kucing lain, di mana mereka tidak segan untuk mencakar kucing lainnya.

 

Gimana, Cat Lovers? Kucing kalian punya ciri-ciri yang sama gak, sama yang udah dijelasin di atas? Kalo iya, kemungkinan besar kucing kalian sedang birahi dan sudah siap kawin! Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *